Komik Digital

Seni Penciptaan

Hai sobat prestasi! Yuk kenalan sama salah satu bidang penciptaan, yaitu Komik Digital!


Komik merupakan media bercerita yang memanfaatkan narasi visual dan/atau narasi tekstual secara berurutan. Oleh sebab itu, komik dapat dimasukkan ke dalam rumpun sequential art (seni berurutan). Komik dapat memunculkan gambar-gambar yang ter-juxtaposition (berurutan tetapi tidak linier), sehingga membentuk satu narasi melalui susunan dari serangkaian panel. Cerita komik memiliki bermacam genre yang berasal dari imajinasi, fantasi, pengalaman hidup, biografi, catatan perjalanan, IPTEKS, dan lain-lain. Selain bercerita, komik juga berkisah melalui eksplorasi sekuens visual yang dibangun atas elemen karakter, setting (latar tempat, waktu, dan peristiwa), serta efek visual lainnya seperti balon kata dan efek suara.

 

Pada FLS2N 2021 ini, Komik Digital memiliki tema “SENI PULIHKAN NEGERI, KOMIK PULIHKAN INSANI, melalui komik diharapkan siswa dapat memberikan kontribusi dalam menyampaikan pesan pada sesama serta lingkungannya untuk bersikap positif dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru "new normal" dengan cara jenaka dan serius tapi santai untuk meningkatkan imunitas kelompok atau herd immunity.

 

Ada dua format komik digital yang dapat dipilih nih! Ada format Scroll comic yang diperuntukkan bagi platform Webtoon dan format Box panel yang diperuntukkan bagi platform Instagram. Untuk ketentuan teknis karyanya dapat dilihat di buku Pedoman FLS2N ya!