Film Pendek

Seni Penciptaan

Film pendek adalah fi­lm naratif yang berdurasi pendek dan bercerita secara lugas dan singkat. Film biasa menampilkan satu situasi yang terjadi dalam kehidupan tokoh atau subjek tertentu yang mencerminkan tema. Film Fiksi dikenal sebagai ­film yang memiliki alur cerita dan konflik, digerakkan oleh tokoh yang memiliki motif (alasan) tertentu. Tokoh ini kemudian ‘membawa’ penonton masuk ke dalam sebuah situasi atau peristiwa.


Dalam FLS2N ini yang dilombakan yaitu ­film fi­ksi pendek berupa Micro movie yang merupakan perkembangan seni ­film dari tumbuhnya koneksi internet yang dapat diakses secara global pada media sosial, dengan durasi lebih singkat.

Aspek-aspek yang akan menjadi penilaian juri yaitu mencangkup :

1.       Kesesuaian antara isi dan tema 30%, Aspek standarteknis kualitas naratif pandang dengar, kekuatan dan kesesuaian tema dengan pesan yang disampaikan lewat hasil fi­lm

2.       Kreativitas 40%, Aspek kreativitas dalam penggunaan teknik ­film (visual, audio, teknik pengadeganan, editing,special effect) yang mendukung kualitas naratif visual

3.       Keindahan/estetika karya 30%, Aspek keindahan (estetika) menggunakan kaidah sinematogra­fi


Diharapkan dengan adanya FLS2N Khususnya Cabang lomba Film Pendek, akan bermunculan sineas-sineas muda bertalenta emas dari kalangan pelajar yang karyanya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.


Teknis lomba dan pengkaryaan bisa dilihat dalam pedoman, Tunggu apa lagi, persiapkan gelora jiwa senimu untuk berkarya dan berprestasi dari rumah melalui ajang FLS2N 2021 jenjang SMA/MA, semangat jemput medalimu tahun ini ya sampai jumpa lagi Sobat Prestasi.