Alunan Menyapa Indonesia (AMI) 2021

Admin | 29 Jun 2021

Alumni Seniman Muda Nusantara biasa dikenal dengan Alunan FLS2N adalah komunitas yang mewadahi para Alumni FLS2N SMA dan SMK untuk terus berkarya selepas kegiatan FLS2N. Alunan Lahir pada tanggal 12 September 2020, dengan digagas oleh Robin Kristian pada saat itu. Alunan kini aktif berkarya dalam kolaborasi seni bersama para Alumni FLS2N di seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN). Sudah banyak karya Alunan yang disebarluaskan oleh media nasional, Puspresnas, dan Kemdikbud RI.

Pada tanggal 18, 19, 20 Juni 2021, Alunan FLS2N, mengadakan sebuah program bernama Alunan Menyapa Indonesia (AMI). Program ini ditujukan kepada calon peserta FLS2N Jenjang SMA tahun 2021.

Hadirnya AMI adalah salah satu bentuk kepedulian Alumni FLS2N untuk menyosialisasikan FLS2N kepada seluruh pelajar SMA di Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) yang mempunyai minat bakat dan ingin mengikuti FLS2N di tahun 2021. Berdasarkan data grafik oleh Pusat Prestasi Nasional yang menunjukkan rendahnya partisipasi peserta pada FLS2N tahun 2020 khususnya dari daerah Indonesia Timur, provinsi Papua Barat yang nol partisipan. Dengan adanya AMI, Alunan berharap meningkatnya kualitas peserta FLS2N dari tahun-tahun sebelumnya.

Rangkaian program AMI dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. Dengan pembagian tiga sesi. Pertemuan berlangsung secara daring, melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube Alunan FLS2N.

Sesi pertama dimulai pada Jumat, 18 Juni 2021, dimulai pukul 09.00 WIB. Acara dibuka langsung secara virtual oleh Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Bapak Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si. Dalam sambutannya beliau berpesan, bahwa dalam suasana pandemi Covid-19 seperti ini tidak menyurutkan kita untuk terus mencari talenta-talenta emas di Indonesia. Bapak Asep juga menyampaikan untuk tidak lupa bersikap jujur dalam berkarya adalah kejujuran merupakan hal yang utama. Bapak Asep Sukmayadi, S.IP., M.Si juga sangat mengapresiasi hadirnya program AMI untuk turut menyukseskan kegiatan FLS2N jenjang SMA tahun 2021.

Dalam sesi pertama dipandu langsung oleh narasumber dari Alunan FLS2N, Reni Mayanda provinsi Banten dan Fatimah Nur Muhammad provinsi Lampung yang mengupas tuntas seputar pedoman yang sering ditanyakan oleh peserta, kesalahan-kesalahan kecil yang sering terjadi pada peserta FLS2N 2020. Alunan berharap dengan diadakannya sesi ini, peserta menjadi lebih cermat dan paham dengan pedoman. Dengan harapan peserta tidak melakukan kesalahan, sehingga meminimalisir diskualifikasi dari juri.

Esoknya pada, 19 Juni 2021 Alunan mengundang para peraih medali FLS2N jenjang SMA tahun sebelumnya, untuk berbagi tips dan trik menjadi juara. Narasumber yang hadir dari bidang seni penciptaan adalah, Irlina Nur Ramdhani provinsi Jawa Barat dan Fariz Galang Rizqi provinsi Kalimantan Timur dari bidang Desain Poster, Diajeng Rara Azzahra provinsi Lampung dan Muhammad Ferdin provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari Bidang Kriya, Agil Syatrio Wibowo provinsi Kepulauan Riau dan Rizqullah Ramadhan Panggabean provinsi Kepulauan Riau dari bidang Film Pendek, Mutiara Nurlaeli provinsi Jawa Tengah dan Qurratu Aini provinsi Aceh dari bidang lomba Komik Digital, Gabriela Oreiro Rieuwpassa provinsi Jawa Timur dan Bernadetha Astri Putri provinsi D.I Yogyakarta dari bidang lomba Cipta Lagu. Para Pemateri juga menyelingi dengan pengalaman proses latihan sampai menjadi juara guna memotivasi para peserta FLS2N untuk terus semangat dalam berkarya. Dwidika Bimakara juga mendemonstrasikan alur pendaftaran kepada calon peserta, supaya mereka tidak kesulitan dalam melakukan pendaftaraan sampai tahap pengunggahan karya. Lagu milik salah satu kawan Alunan Gabriela Oreiro Rieuwpassa yang berjudul S.E.S.A.L.K.U dan lagu pertama Alunan yang berjudul Alunan Untuk Indonesia juga turut memeriahkan AMI.

Kegiatan AMI harus berakhir pada, 20 Juni 2021. Walaupun begitu antusias dari para peserta tidak surut, untuk menggali tips dan trik menjadi juara dari para Alumni bidang seni Pertunjukkan. Mahesa Aditya Mustofa provinsi Lampung dan Andrea Pramesti Putri provinsi D.I Yogyakarta dari bidang lomba Vokal Solo, George Miracle Theophylus perovinsi Lampung dan Sarasvati Sekar Arum provinsi Jawa Barat dari bidang lomba Gitar Solo, Fatimah Samheri SILN Mekkah dan Karina Nur Aulia Putri provinsi Jawa Barat dari bidang lomba Baca Puisi, Alia Fatika Santos provinsi DKI Jakarta dan Rion Werang SILN Malaysia dari lomba Tari Kreasi, Hasna Alifia Zahra provinsi Jawa Tengah dan Novanda Havid Ramadani provinsi Lampung dari bidang lomba Monolog.

Ada pertunjukkan spesial dari Fatimah Samheri menampilkan baca puisi, serta gim menarik untuk menyemarakkan kegiatan akhir AMI. Petikan gitar dari George memainkan lagu Tenang dari Yura Yunita menutup seluruh rangkaian kegiatan AMI tahun 2021.

Harapan Alunan pada program AMI ini selain bertambahnya jumlah partisipasi peserta, kualitas peserta FLS2N dari tahun sebelumnya juga dapat meningkat. Selain itu peserta dapat memahami informasi seputar FLS2N termasuk memahami alur pendaftaran FLS2N dengan baik dan benar. Acara ini juga diharapkan dapat membangkitkan motivasi dan kepercayaan diri peserta agar siap untuk mengikuti FLS2N tahun 2021. #SeniMenyatukan