LDBI & NSDC 2020

LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA & NATIONAL SCHOOLS DEBATING CHAMPIONSHIP

Portal Seleksi Daring

Ayo Berpartisipasi pada LDBI & NSDC 2021

LDBI & NSDC 2021 merupakan kompetisi debat berbahasa Indonesia dan Inggris tingkat nasional. Dengan menggunakan format Asian Parliamentary Debate, LDBI tingkat nasional mempertemukan tim debat Bahasa Indonesia wakil dari 34 Provinsi. Dengan menggunakan format World Schools Debate, NSDC tingkat nasional mengompetisikan tim debat Bahasa Inggris wakil 34 Provinsi. 15 best speakers NSDC akan mengikuti seleksi delegasi Indonesia untuk World Schools Debate Championship (WSDC). Seleksi LDBI & NSDC 2021 dilaksanakan secara daring berjenjang mulai dari tingkat sekolah, provinsi, sampai nasional.

juara 1

JUARA 1

Akan ditentukan kemudian.

juara 2

JUARA 2

Akan ditentukan kemudian.

juara 3

JUARA 3

Akan ditentukan kemudian.

Tujuan LDBI & NSDC 2021

Umum

Memperluas wawasan para peserta didik Sekolah Menengah Atas agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu bersaing secara kompetitif, berkomunikasi secara efektif, dan menyampaikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang efektif.

Melatih peserta didik untuk menyampaikan pendapat dengan sistematis, dapat berpikir kritis kreatif analitis dan konstruktif serta bersikap sportif.

Membekali peserta didik sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik melalui debat peserta didik.

 

Khusus

Membangun antusiasme dan keinginan yang tinggi dari seluruh peserta untuk mengikuti perlombaan.

Membangun kemampuan berpikir kritis, analitis terhadap isu-isu aktual yang sedang berkembang baik nasional maupun internasional.

Membangun kesadaran dan kepedulian peserta didik akan pentingnya toleransi menghormati, kerjasama, dan perbedaan opini sebagai sikap yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat.

LDBI

LDBI

NSDC

NSDC

UJI COBA LDBI & NSDC

UJI COBA LDBI & NSDC

LDBI (MOSI 2)

LDBI (MOSI 2)

NSDC (MOSI 2)

NSDC (MOSI 2)

LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) dan NSDC (National Schools Debating Championship) 2021

Ayo Berpartisipasi dan Daftarkan Dirimu Sekarang Juga

Prasyarat

  1. Peserta wajib memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).
  2. Peserta wajib mendapatkan izin dari kepala sekolah untuk mengikuti seleksi secara daring.
  3. Peserta wajib memiliki akun, nomer telepon genggam dan alamat e-mail yang aktif dan tidak diganti sampai kompetisi berakhir untuk keperluan pendaftaran akun dan komunikasi.
  4. Peserta wajib memiliki akun YouTube untuk keperluan kompetisi.

Pendaftaran Akun

  1. Jika belum memiliki akun, peserta harus mendaftar akun dengan memilih menu Daftar Akun pada situs web ini. Kemudian mengisi data profil, termasuk alamat e-mail Anda.
  2. Sistem akan mengirimkan e-mail yang sudah di daftarkan.
  3. Cek e-mail di penyedia e-mail yang Anda gunakan. Karena suatu sebab, kemungkinan e-mail konfirmasi masuk ke spam / junk. Mohon juga memeriksa di sana.
  4. Klik tombol konfirmasi pada e-mail tersebut, dalam waktu 2 jam. Selama 2 jam tersebut, Anda tidak bisa melakukan pendaftaran karena NISN/e-mail Anda diblok sementara.
  5. Setelah berhasil mendaftar, login dan melanjutkan tahap berikutnya, yaitu kelengkapan data profil dan pendaftaran lomba.

Kelengkapan Data Profil dan Pendaftaran Lomba

  1. Pilih menu Akun Saya dan klik pada submenu Profil Saya. Periksa dan lengkapi data-data Anda.
  2. Pilih lagi menu Akun Saya lalu klik submenu Daftar Lomba. Lengkapi juga data-data yang ada di sini.
  3. Peserta memilih bidang lomba yang diinginkan, pada kolom Bidang Lomba. Jika bidang lomba tidak tersedia, artinya bidang lomba tersebut tidak dibuka secara daring pada provinsi tersebut.
  4. Setelah memilih bidang lomba, peserta mohon membaca Peraturan Khusus Bidang Lomba yang tersedia.
  5. Peserta mengunggah surat izin yang ditanda-tangani kepala sekolah pada kolom unggah Upload Surat Izin Kepsek.
  6. Mohon kosongkan dahulu kotak tempat menempelkan tautan (url) YouTube pada sesi pendaftaran ini.
  7. Klik tombol Daftar Lomba Untuk melakukan pendaftaran lomba. Perhatikan pesan yang ada di dekat tombol tersebut, yang menunjukkan status pendaftaran Anda (informasi sudah lengkap, atau masih ada yang kurang, dan mohon biarkan kosong kolom untuk menempelkan tautan YouTube di sesi pendaftaran ini)
  8. Peserta dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan pada isian pendaftaran, sebelum tenggat waktu pendaftaran.
  9. Jika ada catatan tambahan, dapat dituliskan pada kolom Catatan Tambahan.

Pada hari kompetisi berlangsung yang perlu dilakukan peserta:

  1. Pastikan bagian data profil sudah lengkap
  2. Bersiap diri di jam yang sudah ditentukan untuk mendapatkan tantangan Mosi pertama dan kedua secara serempak
  3. Peserta diberi waktu total 90 menit untuk melakukan tantangan tiap mosi pertama dan kedua.
  4. Setelah pemberian tantangan mosi pertama secara serempak yang harus dilakukan peserta dalam 90 menit adalah:
    • Peserta berperan sebagai pembicara pertama tim pemerintah.
    • 15 menit pertama, peserta mempersiapkan kasus (Case building) sebagai pembicara pertama tim pemerintah (Prime Minister).
    • Persiapkan peralatan merekam video
    • 15 menit selanjutnya, peserta merekam pidato (solo debate). Durasi pidato untuk NSDC adalah maksimal 8 menit 20 detik, dan untuk LDBI adalah maksimal 7 menit 20 detik). Perekaman menggunakan kamera statis.
    • Hasil rekam video harus terdengar, terlihat jelas, tidak direkayasa atau tanpa editing. Format file video MP4 dengan resolusi minimal 480p.
    • 60 menit kemudian merupakan waktu unggah. Unggah video pidato terbaik di akun YouTube hasil video tantangan pertama dengan durasi yang telah ditentukan untuk tiap bidang lomba tanpa editing.
    • Pada saat mengunggah hasil video di YouTube pastikan klik unlisted di bagian setting privacy.
    • Salin tautan hasil video mosi pertama yang sudah di unggah di YouTube
  5. Kunjungi laman LDBI 2020 (http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ldbinsdc/) masuk ke bagian login, pilih Daftar Lomba dan pada bagian Detail Lomba tempelkan tautan YouTube di media/kolom yang disediakan
  6. Jika peserta tidak berhasil menempelkan tautan (URL) YouTube sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh panitia, maka peserta dianggap gugur dalam proses seleksi.
  7. Setelah diberikan tantangan mosi kedua secara serempak, yang harus dilakukan peserta dalam 90 menit adalah:
    • 15 menit pertama, peserta mempersiapkan kasus (Case building) dan berperan sebagai pembicara pertama tim oposisi (Leader of Opposition).
    • Peserta kemudian menonton video screening selama 10 menit.
    • 15 menit selanjutnya, peserta merekam pidato (solo debate). Durasi pidato untuk NSDC adalah maksimal 8 menit 20 detik, dan untuk LDBI adalah maksimal 7 menit 20 detik). Perekaman menggunakan kamera statis.
    • Hasil rekam video harus terdengar, terlihat jelas, tidak direkayasa atau tanpa editing. Format file video MP4 dengan resolusi minimal 480p.
    • 50 menit kemudian merupakan waktu unggah. Unggah video pidato terbaik di akun YouTube hasil video tantangan kedua dengan durasi yang telah ditentukan untuk tiap bidang lomba tanpa editing.
    • Salin tautan hasil video mosi kedua yang sudah di unggah di YouTube
  8. Kunjungi laman LDBI 2020 (http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ldbinsdc/) masuk ke bagian login, pilih Daftar Lomba dan tempelkan tautan YouTube di media/kolom yang disediakan.
  9. Jika peserta tidak berhasil menempelkan tautan (URL) YouTube sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh panitia, maka peserta dianggap gugur dalam proses seleksi.

Siap mendaftar? Klik tombol di bawah untuk registrasi akun!

Daftar Sekarang

Pusat Prestasi Nasional

Jalan Jenderal Sudirman Gd. C Lt. 19, Senayan, Jakarta, 10270